Anda perlu mengaktifkan JavaScript untuk menjalankan aplikasi ini.

Tunggu sebentar...

Transformasi Pengelolaan Kinerja, Terintegrasinya PMM dan e-Kinerja BKN

  • Senin, 15 Januari 2024
  • Ilham Syafriyatman
  • 0 komentar
Transformasi Pengelolaan Kinerja, Terintegrasinya PMM dan e-Kinerja BKN

SMPN 10 MANDAU - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengintegrasikan e-Kinerja BKN dan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kebijakan ini tentunya tertuang dalam Surat Edaran Bersama Kepala Badan Kepegawaian Negara dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 17 tahun 2023 dan Nomor 9 Tahun 2023 tentang Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Aparatur Sipil Negara Guru.

“Mulai Januari 2024 pengelolaan kinerja dapat dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar yang terintegrasi dengan e-Kinerja BKN,” ucap Bu Lisa selaku Kepala UPT Satuan Pendidikan SMPN 10 Mandau, Senin (8/1). Untuk itu, Kepala Sekolah bersama Guru dan Tendik malakukan persiapan dan pengenalan serta diskusi guna memantapkan pemahaman terhadap cara pengelolaan kinerja yang terintegrasi tersebut. 

Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu tahap perencanaan. Pada tahap perencanaan, guru hanya fokus meningkatkan kinerja pada salah satu indikator rekomendasi berdasarkan capaian rapor pendidikan yang telah terintegrasi di PMM.

Tahap kedua yaitu tahap pelaksanaan, kepala sekolah akan melakukan observasi kelas dan melakukan penilaian berdasarkan rubrik yang telah disediakan di PMM. Pada tahap penilaian, kepala sekolah dapat melihat rangkuman pencapaian guru untuk predikat kinerja yang terintegrasi dengan sistem e-Kinerja BKN.

Diharapkan nantinya pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah lebih praktis dan relevan dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar yang terintegrasi dengan e-Kinerja BKN. Pertama, praktis karena dokumen yang diisi dan disiapkan menjadi lebih sedikit sehingga beban administrasi berkurang. Kedua, relevan karena praktik kinerja mengacu pada delapan indikator Rapor Pendidikan yang direkomendasikan sehingga pengelolaan kinerja sesuai dengan kebutuhan peningkatan pembelajaran di satuan pendidikan. Ketiga, berdampak nyata karena penilaian akan lebih berdampak pada kualitas pembelajaran berdasarkan observasi kelas. Selain itu, guru dan kepala sekolah juga akan mendapatkan apresiasi yang sesuai dengan kinerjanya.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Foto Kepala Sekolah
LISA TRIANA, S.Pd., M.Pd

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Allah سبحانه و تعالى, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya...

Dapatkan Notifikasi
Jajak Pendapat

Apakah website ini bermanfaat dan informatif?

Hasil
Pesan (Klik Gambar)